Assalamu'alaikum.Wr.Wb

Sekilas Informasi terkait perkuliahan Matakuliah Investment and Asset Management, saya sampaikan sebagai berikut :

DESKRIPSI MATA KULIAH       :

Aset merupakan bagian terpenting dari sebuah perusahaan yang harus dikelola dengan baik untuk mendapatkan manfaat bagi perusahaan, sekaligus mendorong tercapainya tujuan perusahaan. Dalam mengelola atau manajemen aset dan kewajiban secara simultan pertama kali dikembangkan oleh industri perbankan dan asuransi.

Investment and Asset Management sangat dibutuhkan untuk pengambilan keputusan yang tepat agar aset bisa lebih bermanfaat. Hal ini ditentukan oleh berbagai dimensi dan sudut pandang. Aset yang dikelola secara efektif dan efisien dapat mencapai tujuan yang diharapkan perusahaan. Manajemen aset tidak sekadar pengelolaan dan pencatatan daftar inventaris dan aset yang dimiliki individual/perusahaan.

Optimalisasi aset juga harus dilakukan untuk mencegah kerugian yang ditanggung oleh perusahaan. Aset perusahaan setiap tahunnya harus direview untuk melihat apakah ada aset yang masih bisa dipakai atau harus diganti.

Maka, matakuliah Investment and Asset Management ini hadir sebagai solusi setiap perusahaan terkait knowledge aset yang akan dikelola dengan melihat keterlibatan pihak-pihak dalam level manajemen dalam menetapkan keputusan untuk diimpelementasikan secara baik bagi individu/perusahaan.

MODEL PEMBELAJARAN :

Mata kuliah Investment and Asset Management ini diselenggarakan dengan menggunakan model pembelajaran dari yang tersedia dalam model pembelajaran KBK-KKNI yang melibatkan Mahasiswa secara aktif mengembangkan pengetahuan dan menjadikan Mahasiswa sebagai pusat pembelajaran.

Secara umum perkuliahan dapat menggunakan strategi belajar aktif (active learning), dikelas dimana Mahasiswa secara aktif, responsif dan kreatif terlibat pembelajaran bersama-sama dosen, namun karena wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) melanda dunia tanpa terkecuali Indonesia, maka proses pembelajaran dilakukan secara virtual class melalui aplikasi Google Meets dan aplikasi E-Learning UINSU https://elearning.uinsu.ac.id.

Adapun model pembelajaran KBK KKNI yang digunakan yaitu:

  1. Contextual Instruction. Mengharuskan Mahasiswa membahas konsep dan teori yang diajarkan dosen dan menghubungkannya dengan fakta di lapangan atau fakta di organisasi/perusahaan/kehidupan sehari-hari yang akan diteliti dan disusun dalam bentuk makalah.
  2. Small Group Discussion. Mengharuskan Mahasiswa membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi berupa studi kasus. Selain itu, Mahasiswa dituntut untuk mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya dalam bentuk ringkasan (summary).
  3. Project Based Learning. Mengharuskan Mahasiswa menyelesaikan tugas project yang dibuat dosen melalui instruksi-instruksi kerja yang telah disusun sebelumnya.

BAHAN AJAR/LITERATUR BACAAN :

  1. Frank K. Reilly, Keith C. Brown, Investment Analysis & Portfolio Management, Tenth Edition, South Western Cengage Learning, 2012.
  2. Charles P. Jones, Investments : Analysis and Management, Indonesian Adaptation, Salemba Empat, Jakarta 2009.
  3. Zvi Bodie, Alex Kane, Alan J. Marcus, Manajemen Portofolio dan Investasi, Salemba Empat, Jakarta 2015.
  4. Richard Pike and Bill Neale, Corporate Finance and Investment, Decisions and Strategies, Second Edition, Prentice Hall, London 1996.
  5. Robert L. Hagin, Investment Management, Portfolio, Diversification, Risk, and Timing, John Wiley and Sons, New Jersey 2004.
  6. Thomas P.AU, A Modern Aproach to Graham and Dodd Investing, John Wiley and Sons, New Jersey 2004.
  7. John P. Reese and Jack M. Forehand, The Guru Investor, John Wiley and Sons, New Jersey 2009.
  8. L. Gitman and M. Joehnk, Fundamentals of Investing, 10th edition, Pearson Addison Wesley, 2008.
  9. John C. Hull, Options, Futures, and Other Derivatives Securities, Prentice Hall International Editions, New Jersey 1993.
  10. Michael C. Ehrhardt, Eugene F. Brigham, Financial Management: Theory and Practice, Thirteen Edition, South Western, Mason USA 2011.
  11. Richard A. Brealey, Stewart C. Myers and Alan J. Marcus, Fundamentals of Corporate Finance, Third Edition, McGraw-Hill, Boston 2001.
  12. Stephen A. Ross, Randolph W. Westerfield, and Jeffrey Jaffe, Corporate Finance, 6th edition, Mc GrawHill/Irwin, Boston 2003.
  13. Abdul Hakim, Analisis Investasi di Aset Keuangan, Mitra Wacana Media, Jakarta 2015.
  14. Werner R. Murhadi, Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham, Penerbit Salemba Empat, Jakarta 2015.
  15. Irham Fahmi dan Yovi Lavianti Handi, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Penerbit Alfabeta, Bandung 2009.
  16. Mohamad Samsul, Latihan Soal Ujian Profesi Pasar Modal, Penerbit Erlangga, Jakarta 2008.
  17. Fachmi Basyaib, Manajemen Risiko, Grasindo, Jakarta 2007.
  18. Sunariyah, Pengetahuan Pasar Modal, UPP AMP YKPN, Yogyakarta 2003.
  19. Sapto Rahardjo, Panduan Investasi Obligasi, Gramedia, Jakarta 2003
  20. Tjiptono Darmadji, Hendy M. Fakhrudin, Pasar Modal di Indonesia, Penerbit Salemba Empat, Jakarta 2001.
  21. Satrio Utomo, Fibonacci Retacement, Elex Media Komputindo, Jakarta 2010.
  22. Michael S. Allen, Business Portofolio Management, Valuasi, Penilaian Risiko, dan Strategi-Strategi EVA, Penerbit Erlangga, Jakarta 2001.

 Wasalamu'alaikum.Wr.Wb