|
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARAN MEDAN FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate 20371 Sumatera Utara,Indonesia Telepon (061) 6615683, 6622925, Fax. (061) 6615683 Website: www.mpis2.uinsu.ac.id dan http://www.fitk.uinsu.ac.id
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
A. IDENTITAS MATA KULIAH
1. Nama Mata Kuliah |
METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF |
Sks: 3 |
Kode: 01031210 |
2. Program Studi |
Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Semester |
II |
2. Prasyarat |
- |
T.A. |
Gasal 2019/2020 |
3. Dosen Pengampu |
1. Dr. Tien Rafida, M.Hum.
|
|
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Sikap dan tata nilai |
Berperilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses pembelajaran. Memiliki perilaku dan tata nilai yang berkarakter atau jati diri bangsa dan negara Indonesia. Memiliki sikap dan tata nilai terinternalisasi selama proses belajar, baik terstruktur maupun tidak dalam pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif |
Kemampuan kerja |
Kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif. Berpengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif. Mewujudkan transformasi potensi yang ada dalam setiap mahasiswa menjadi kompetensi atau kemampuan yang aplikatif dan bermanfaat dalam pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk mengembangkan IPTEKS melalui riset inter/multi disiplin, inovasi, teruji. |
Penguasaan pengetahuan |
Menguasai konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif. Melakukan transformasi informasi yang telah diproses dan diorganisasikan untuk memperoleh pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman yang terakumulasi untuk memiliki suatu kemampuan dalam Metodologi Penelitian Kuantitatif. |
Wewenang dan tanggung Jawab |
Melakukan tugas dan tanggungjawab sebagai konsekuensi seorang mahasiswa yang telah memiliki kemampuan dan pengetahuan pendukungnya melalui konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran untuk berperan dalam masyarakat secara benar dan beretika sesuai Metodologi Penelitian Kuantitatif. |
C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah ini memuat kajian tentang Pendekatan Ilmiah, Jenis-jenis Penelitian, Masaslah Penelitian, Metode-metode Penelitian dalam bidang Pendidikan, Subjek Penelitian, Instrumen Penelitian, Analisis Data dan Interpretasinya. Kegiatan perkuliahan terdiri atas beberapa bentuk, yakni: kuliah, penugasan, presentasi dan diskusi di kelas, dan seminar.
|
D. PENDEKATAN, MODEL, STARTEGI DAN METODE PEMBELAJARAN:
1. Bentuk Pembelajaran |
Kuliah, Responsi dan Tutorial, Seminar, dan Praktikum/Praktik Studio/Praktik lapangan |
2. Kegiatan Perkuliahan |
Diskusi kelompok, Simulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah, Penelitian, Perancangan, dan Pengembangan |
No |
MODEL PEMBELAJARAN |
KEGIATAN MAHASISWA |
KEGIATAN DOSEN |
SOFT SKILL YANG DIHARAPKAN |
1 |
• membentuk kelompok (5-10) • memilih bahan diskusi • mepresentasikan paper dan mendiskusikan di Mata Kuliah |
• Membuat rancangan bahan dikusi dan aturan diskusi. • Menjadi moderator dan sekaligus mengulas pada setiap akhir sesion diskusi mahaMahasiswa. |
• Kerja sama • Berfikir kritis • Kreatif • Komunikasi • berargumentasi |
|
2 |
Role Playing & Simulasi |
• mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan kepadanya. • atau mempraktekan/mencoba berbagai model (komputer) yang telah disiapkan. |
• Merancang situasi/ kegiatan yang mirip dengan yang sesungguhnya, bisa berupa bermain peran, model komputer, atau berbagai latihan simulasi. • Membahas kinerja mahaMahasiswa. |
• Ketrampilan sesuai peran • Jati diri dan Percaya diri • Sikap kerja keras • Pengalaman • Pengendalian diri |
3 |
Discovery Learning |
• mencari, mengumpulkan, dan menyusun informasi yang ada untuk mendeskripsikan suatu pengetahuan. |
• Menyediakan data, atau petunjuk (metode) untuk menelusuri suatu pengetahuan yang harus dipelajari oleh mahaMahasiswa. • Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri maha Mahasiswa. |
• Berfikir kritis • Kreatif • Responsif • Bertanggung jawab • Berfikir sistimatis Etika • Komunikasi |
4 |
Self-Directed Learning |
• merencanakan kegiatan belajar, melaksanakan, dan menilai pengalaman belajarnya sendiri. |
• sebagai motivator dan fasilitator. |
• Kemandirian • Pengendalian diri • Kepercayaan kemampuan diri • Kepemimpinan |
5 |
E-Learning |
• Membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas yang diberikan dosen secara individu atau berkelompok melalui interenet. |
• merancang pembelajaran melalaui internet • Memmonitor proses belajar secara individu dan kelompok secara online • Menyiapkan suatu masalah/ kasus atau bentuk tugas untuk diselesaikan oleh mahaMahasiswa secara berkelompok. |
• Kerjasama • berfikir kritis • Percaya diri • Interaksi ICT • Akseleratif dan Inovatif • Etika • Komunikasi |
6 |
Cooperative Learning |
• Bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam mengerjakan tugas • Membuat rancangan proses dan bentuk penilaian berdasarkan konsensus kelompoknya sendiri. |
• Merancang tugas yang bersifat open ended. • Sebagai fasilitator dan motivator. |
• Pengambilan keputusan • Inovator • Leadership • Manajemen waktu, konflik • kerjasama |
7 |
Contextual Teaching and Learning |
• Membahas konsep (teori) kaitannya dengan situasi nyata • Melakukan studi lapang/ terjun di dunia nyata untuk mempelajari kesesuaian teori. |
• Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori dan mengkaitkannya dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari, atau kerja profesional, atau manajerial, atau entrepreneurial. • Menyusun tugas untuk studi mahaMahasiswa terjun ke lapangan |
• Analisis • Percaya diri • Berfikir kritis • Sensitif / kepekaan • Pengalaman • Etika • Komunikasi |
8 |
Project Based Learning |
• Mengerjakan tugas (berupa proyek) yang telah dirancang secara sistematis. • Menunjukan kinerja dan mempertanggung jawabkan hasil kerjanya di forum. |
• Merancang suatu tugas (proyek) yang sistematik agar mahaMahasiswa belajar pengetahuan dan ketrampilan melalui proses pencarian/ penggalian (inquiry), yang terstruktur dan kompleks. • Merumuskan dan melakukan proses pembimbingan dan asesmen. |
• Kreatifitas • Inisiatif • Bertanggung jawab • Berfikir komprehensif • Kepemimpinan • Komunikatif |
9 |
Problem Based Learning |
• Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual/ yang dirancang oleh dosen . |
• Merancang tugas untuk mencapai kompetensi tertentu • Membuat petunjuk(metode) untuk mahaMahasiswa dalam mencari pemecahan masalah yang dipilih oleh Mahasiswa sendiri atau yang ditetapkan. |
• Mengidentifikasi dan analisis • Belajar mandiri • Kerjasama • Keberanian membuat keputusan • Berfikir kritis, bertanggung jawab • Komunikasi |
E. PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN
Minggu Ke |
Kemampuan Akhir Yang Diharapkan |
Bahan Kajian (Materi Ajar) |
Metode Pembelajaran |
Wak-tu |
Pengalaman Belajar |
Kriteria/Indikator Penilaian |
Bobot Nilai |
1 |
Mampu menjelaskan dan menidentifikasi |
Hakikat Pendekatan Ilmu, Pengetahuan dan Penelitian Ilmiah |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Kelengkapan, kebenaran penjelasan, tingkat komunikatif, presentasi |
5% |
2 |
Mampu mengidentifikasi dan bekerjasama |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Kebenaran metode, kerjasama, tingkat komunikatif |
5% |
|
3 |
Mampu menjelaskan dan menganalisis |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Pemahaman, kebenaran analisis, kelancaran komunikasi |
5% |
|
4 |
Mampu menganalisis dan berkomunikasi |
Penelitian Sejarah, Deskriptif, dan Korelasional |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Ketajaman analisis, kelancaran komunikasi, kebenaran analisis |
5% |
5 |
Mampu menjelaskan dan menganalisis serta kerjasama |
Penelitian Ex-Post Facto dan Experimental |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Kelengkapan, kebenaran penjelasan, tingkat komunikatif, presentasi |
10% |
6 |
Mampu mengidentifikasi dan mencirikan permasalahan |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Kebenaran metode, kerjasama, tingkat komunikatif |
10% |
|
7 |
Mampu menganalisis dan mensintesiskan |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Pemahaman, kebenaran analisis, kelancaran komunikasi |
10% |
|
8 |
UTS (Ujian Tengah Semester) |
3x50’ |
|
|
|
||
9 |
Mampu menjelaskan dan mengidentifikasi |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Kelengkapan, kebenaran penjelasan, tingkat komunikatif, presentasi |
5% |
|
10 |
Mampu menjelaskan dan menidentifikasi |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Kebenaran metode, kerjasama, tingkat komunikatif |
5% |
|
11 |
Mampu menidentifikasi dan bekerjasama |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Pemahaman, kebenaran analisis, kelancaran komunikasi |
5% |
|
12 |
Mampu menjelaskan dan menganalisis |
Konsep Variabel dan Sub-Variabel Sebagai Dasar Penyusunan Instrumen Penelitian
|
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Ketajaman analisis, kelancaran komunikasi, kebenaran analisis |
5% |
13 |
Mampu menyusun menganalisis dan berkomunikasi |
Format Penyusunan Proposal dan Penulisan Laporan Penelitian
|
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Kelengkapan, kebenaran penjelasan, tingkat komunikatif, presentasi |
10% |
14 |
Mampu menjelaskan dan menganalisis serta kerjasama |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Kebenaran metode, kerjasama, tingkat komunikatif |
10% |
|
15 |
Mampu mengidentifikasi dan mencirikan permasalahan |
Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus |
3x50’ |
Tugas makalah, presentasi, diskusi |
Pemahaman, kebenaran analisis, kelancaran komunikasi |
10% |
|
16 |
UAS Unian Akhir Semester) |
3x50’ |
|
|
|
||
|
Total |
100% |
F. KOMPETENSI LULUSAN
KOMPETENSI |
KULI-AH |
RESPONSI/ TUTORIAL |
SEMI-NAR |
PRAK-TIK |
TR |
CBR |
RR |
MR |
RI |
PR |
Sikap perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui: (1) proses pembelajaran, (2) pengalaman kerja mahasiswa, (3) penelitian dan/atau, (4) pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
Pengetahuan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui: (1) penalaran dalam proses pembelajaran, (2) pengalaman kerja mahasiswa, (3) penelitian dan/atau, (4) pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
Keterampilan kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui : (1) pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif , (2) pengalaman kerja mahasiswa, (3) penelitian dan/atau, (4) pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran, mencakup: (a) keterampilan umum sebagai kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi; dan (b) keterampilan khusus sebagai kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi Teknologi Pendidikan |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
Jumlah |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
Catatan: Beri tanda V pada masing-masing kolom yang tersedia
G. TAGIHAN/TUGAS:
Jenis Tugas |
Uraian Tugas |
Bentuk Tugas |
Bobot Nilai |
1. Tugas Rutin (TR)
|
Tugas yang diberikan oleh dosen untuk ketuntansan (daya serap) belajar mahasiswa menguasai materi kuliah yang disampaikan oleh dosen |
1. Makalah 2. Presentasi 3. Peta konsep 4. Solusi pemecahan masalah 5. Ide dan gagasan |
10% |
2. Critical Book Report (CBR) |
Diskusi kelompok, Simulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah, Penelitian, Perancangan, dan Pengembangan |
1. Makalah 2. Presentasi 3. Peta konsep 4. Solusi pemecahan masalah 5. Ide dan gagasan |
15% |
3. Critical Research Review (CRR)/ Critical Journal Review (CJR) |
Tugas kajian hasil penelitian terkait pemecahan masalah atau pengkajian yang mendalam tentang konsep dan prinsip ilmu yang dipelajari ditinjau dari berbagai referensi hasil penelitian (jurnal) yang relevan digunakan sebagai sumber belajar pada mata kuliah tertentu. |
1. Makalah 2. Presentasi 3. Peta konsep 4. Solusi pemecahan masalah 5. Ide dan gagasan |
15% |
4. Mini Research (MR) |
Tugas yang diberikan berupa kegiatan penelitian dalam skala terbatas yang ditujukan untuk memecahkan masalah, aplikasi teori, membuat dugaan melalui proses observasi, penyajian data, analisis data, temuan penelitian, penarikan kesimpulan tentang pemecahan masalah penelitian, dan pela[orannya |
1. Makalah 2. Presentasi 3. Peta konsep 4. Solusi pemecahan masalah 5. Ide dan gagasan |
20% |
5. Rekayasa Ide (RI) |
Tugas berupa penyusunan karya ilmiah atau artikel ilmiah atau artikel popular secara tertulis tentang aplikasi muatan materi perkuliahan (kurikulum) dengan daya dukung referensi (buku, jurnal, jkarya ilmiah) yang up to date. |
1. Makalah 2. Presentasi 3. Peta konsep 4. Solusi pemecahan masalah 5. Ide dan gagasan |
10% |
6. Project (PR) |
Tugas yang menuntut mahasiswa melakukan transferebel pengetahuan yang dipelajari dalam pemecahan masalah otentik berbagai bidang ilmu melalui proses investigasi ide dan pertanyaan, proses inquiry, proses berpikir kritis dan kreatif, dan terampil mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah dengan batas waktu tertentu |
1. Makalah 2. Presentasi 3. Peta konsep 4. Solusi pemecahan masalah 5. Ide dan gagasan |
20% |
Total |
100% |
TUGAS PERKULIAHAN:
Tugas perkuliahan
Diarahkan kepada pencapaian kompetensi dan tujuan belajar yang mencakup belajar terbimbing, terstruktur, dan mandiri. Tugas-Tugas perkuliahan ini mencakup tugas individual dan tugas kelompok. Setiap tugas merupakan hasil belajar mahasiswa orisinal individu atau kelompok, bukan pemindahan, peniruan atau pengcopian atau plagiat dari teman.
Softskill,
Merupakan tugas mahasiswa yang mempunyai penilaian tersendiri. Hal ini meliputi: intergrasi pribadi, beretika, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama dengan orang lain/teman, kemampuan berpikir kritis, menghargai pendapat orang lain, kemampuan menyelesaikan masalah pribadi maupun kelompok, dan kemampuan mengambil keputusan.
PERATURAN TUGAS:
Hal-hal yang harus diperhatikan dan ditaati bersama, sesuai dengan peraturan yang disepakati bersama meliputi:
1. Jumlah kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan tatap muka 75% dalam satu semester
2. Paper dikumpulkan sesuai jadwal, satu exemplar. Penyerahan tugas akan ditentukan oleh dosen melalui: e-mail, hardcopy, dan softcopy.
3. Tugas diserahkan tepat waktu sesuai jadwal yang telah disepakati. Presentasi menggunakan program power point, dikumpulkan dalam bentuk file digital, dengan identitas mahasiswa yang jelas
4. Tugas diketik huruf arial/Calibri/time new roman fount 12, spasi 1,5 berwarna biru untuk tulisan yang bersumber dari referensi, berwarna hitam untuk ditulis/hasil/ kajian sendiri. Hasil sitisasi harus ditulis sumbernya (yang layak secara akademik).
5. Penyerahan tugas paling lambat sesuai dengan jadwal, dan bila melampaui batas yang ditentukan maka mahasiswa akan di hubungi dan akan mempengaruhi nilai
6. Tugas mahasiswa yang pengerjaannya sama 60% lebih dengan teman, maka akan dinilai kurang atau dipanggil mahasiswa tersebut yang jawabannya sama untuk mempertanggungjawabkan tugas yang mereka buat.
7. Tugas terlambat dikumpulkan dan telah dihubungi, masih belum mengumpulkan, maka nilainya adalah BL (Belum Lengkap), belum keluar nilai di DPNA, sampai mahasiswa benar-benar sudah mengumpulkan tugas yang menjadi persyaratan yang disepakati.
H. KRITERIA PENILAIAN
Prinsip Penilaian |
Uraian Kriteria Penilaian |
Edukatif |
Merupakan penilaian yang memotivasi mahasiswa agar mampu: (1) memperbaiki perencanaan dan cara belajar; dan (2) meraih capaian pembelajaran lulusan. |
Otentik |
Merupakan penilaian yang berorientasi pada proses belajar yang berkesinambungan dan hasil belajar yang mencerminkan kemampuan mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. |
Objektif |
Merupakan penilaian yang didasarkan pada standar yang disepakati antara dosen dan mahasiswa serta bebas dari pengaruh subjektivitas penilai dan yang dinilai. |
Akuntabel |
Merupakan penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas, disepakati pada awal kuliah, dan dipahami oleh mahasiswa |
Transparan |
Merupakan penilaian yang prosedur dan hasil penilaiannya dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan |
Rentang Nilai |
Nilai |
Bobot |
Taraf Kompetensi |
90 – 100 80 - 89 70 - 79 0 - 69 |
A B C E |
4 3 2 0 |
Sangat Kompeten Kompeten Cukup Kompeten Tidak Kompeten |
Nilai Akhir (NA) =
Penilaian formatif berdasarkan pada NF1, NF2, NF3, NF4 disamping sudah mencakup penilaian pada: (1) keaktifan dan/atau potensi individu mahasiswa; (2) tugas kelompok dalam presentasi; (3) tugas individu mahasiswa.
I. REFERENSI/SUMBER BACAAN:
1. Alan, Peshkin, & Corrine, Glesne. (1992). Becoming qualitative researchers: An Introduction. Longman.
2. Ary, Donald., Jacobs, Lucy Chesar., & Razaviech, Asghar. (1979). Introduction to research in education. New York: Holt, Rinehart and Winston.
3. Bogdan, Robert C., & Biklen, Sari Khopp. (1982). Qualitative research for education. Boston: Allyn and Bacon.
4. Borg, Walter R., & Gall, Meredith Damein. (1983). Educational research. New York: Longman.
5. Fraenkel, Jack R., & Wallen, Norman E. (1990). How to design and evaluate research in education. New York: McGraw-Hill Publishing Company.
6. Gay, L.R. (1981). Educational research. Columbus, Ohio: Abell & Howell Company.
7. Geoffrey E. Mils. (2000). Action research: A guide for teacher research.
8. Sprintal, Richard C., Schmutte, Gregry T., & Sirois Lee, Lee. (1991). Understanding educational research. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.
9. Tuckman, W. Bruce. (1972). Conducting educational research. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.
|
Medan, 04 Maret 2019
|
Mengetahui Ketua Prodi,
Dr. Candra Wijaya, M.Pd. NIP. 197404072007011037 |
Dosen Pengampu ,
Dr. Tien Rafida, M.Hum NIP. 197011101997032004 |
|
|
- معلم: tien rafida