Matakuliah ini membahas konsep dan teori literasi informasi, standar literasi informasi ntuk siswa dan mahasiswa, penelusuran informasi Digital Library, Penelusuran Electronik Journal, Penelusuran Search Engine, penelusuran sumber informasi online, pembelajaran literasi dalam kurikulum Sekolah Menengah Atas, Penggunaan Informasi, perencanaan pengajaran keterampilan literasi informasi, menguji keterampilan literasi informasi, tahapan dan strategi pengajaran literasi, menguji keterampilan loterasi informasi di Perguruan Tinggi, Tehnik assessment, jenis-jenis tehnik asesmen, proses penelitian. 

Mata kuliah ini membahas berbagai aspek dalam penelitian kualitatif agar mahasiswa memahami konsep-konsep dasar dan metode penelitian kualitatif yang meliputi hakikat dan paradigma penelitian, cara menemukan dan merumuskan masalah, manfaat dan kegunaan penelitian, prosedur penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data, praktik pembuatan proposal dan laporan akhir penelitian.

Mata kuliah ini didesain untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa agar memiliki dan memahami prinsip metode penelitian kuantitatif dan dapat menerapkan dalam penelitian empiris, mulai dari menemukan gejala-gejala atau masalah, melakukan perumusan masalah, melakukan kajian teoretis, menyusun instrumen penelitian dan melakukan analisis data secara kuantitatif. Dengan begitu diharapkan mata kuliah ini mampu dipahami mahasiswa dalam kaitannya dengan kajian penelitian Ilmu Perpustakaan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif

Matakuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang dunia penerbitan sebagai salah satu industri hilirisasi bagi lulusan ilmu perpustakaan. Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami alur dan prosedur penerbitan bahan koleksi tercetak dan non cetak.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang kegiatan pengindeksan subjek, pengindeksan, pengabstrakan dan tesaurus yang terkait dengan sistem prakoordinasi dan pascakoordinasi dalam kegiatan pengolahan bahan pustaka di perpustakaan.