Tujuan mata kuliah ini adalah untuk mengembangkan kemampuan keahlian berkarya (MKB) mahasiswa melalui pembahasan mengenai obyek entomologi, ciri dasar dan ekologinya, serta peranan serangga bagi kehidupan baik secara ekonomi, kesehatan, dan perkembangan ilmunya.

Mata kuliah ini membahas tentang cakupan biologi diantaranya keanekaragaman hayati, jamur, ekosistem, pertumbuhan dan perkembangan, virus, monera, sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem ekskresi, sistem koordinasi, sistem reproduksi, metabolisme, serta molekuler secara komprehensif. Mata kuliah ini juga mengajak peserta didik untuk menganalisis dan menciptakan produk baru dari mengembangkan materi sesuai kebutuhan peserta didik.

Mata kuliah ini membahas materi biologi diantaranya keanekaragaman hayati, virus, monera, jamur, komponen ekosistem, pertumbuhan dan perkembangan, sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem ekskresi, sistem koordinasi, sistem reproduksi, katabolisme, anabolisme, dan molekuler secara komprehensif. Peserta didik diajak untuk menganalisis dan menciptakan produk baru berupa bahan ajar dengan secara pengembangan bahan ajar yang dibuat berdasarkan kebutuhan peserta didik.

Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep statistik penelitian pendidikan, khususnya penelitian pendidikan biologi serta dapat mengimplementasikan konsep tersebut ke dalam praktik penyusunan proposal penelitian guna memenuhi persyaratan akademik dalam menyelesaikan studi pada jenjang Sarjana.