Mata Kuliah  Pembiayaan Pendidikan bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pembiayaan Pendidikan ditingkat SD/MI ,SMP / MTs  dan SMA / MA baik secara teori dan praktek  serta membekali mahasiswa memiliki wawasan yang konprehensif dan sistematik tentang manajemen /pengelolaan keuangan yang dilaksanakan dalam lembaga pendidikan Islam baik formal dan non formal  , Ruang lingkup materi mata kuliah ini mengkaji konsep dasar pembiyaan pendidikan , sumber-sumber biaya pendidikan ,alokasi dan distribusi biaya pendidikan , fungsi-fungsi pembiayaan pendidikan yang meliputi  : perencanaan anggaran pembiayaan pendidikan (Budgeting) , pelaksanaan anggaran ( Acounting ), dan pengawasan anggaran (Auditing ) di ruang lingkup lembaga pendidikan  baik instansi lembaga pendidikan Negeri maupun swasta ( Yayasan ).

 


Perkuliahan Metodologi penelitian kualitatif ini secara garis besar akan membahas hakikat  dan paradigma penelitian kualitatif, masalah penelitian dalam penelitian kualitatif, rumusan masalah  dalam penelitian kualitatif, teori dalam penelitian kualitatif, pendekatan-pendekatan dalam penelitian kualitatif, sumber data (populasi dan sampel) dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis data, keabsahan data dalam penelitian kualitatif, analisis proposal skripsi, analisis skripsi;

Perkuliahan pengembangan kurikulum PAI ini secara garis besar akan membahas pengembangan kurikulum PAI baik pada tataran konseptual dan juga praktik dari pengembangan kurikulum yang telah dilakukan sejauh ini. Maka, materi perkuliahan mulai dari pengenalan konsep kurikululm, sejarah perkembangan kurikulum terkhusus di Indonesia, selanjutnya kebijakan kurikulum PAI. Dilanjutkan dengan penjelasan konseptual mengenai pengembangan kurikulum, mulai dari dasar, prinsip, model sampai evaluasi dari sebuah pengembangan kurikulum, dan diakhiri dengan analisis kurikulum mutakhir dari kebijakan Pemerintah yang diterapkan di lembaga pendidikan