Perkuliahan ini membahas tentang konsep dasar dan ruang lingkup magang I (observasi pembelajaran),  administrasi pembelajaran, standar proses pembelajaran yang terdiri dari Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Evaluasi pembelajaran, dan Pengawasan pembelajaran. Standar penilaian pembelajaran yang terdiri dari Penilaian proses dan Penilaian hasil pembelajaran, Standar sarana/ prasarana pembelajaran dan juga  Administrasi pembelajaran lainnya seperti Silabus, Kalender Pendidikan, Program Tahunan, Program Semester, Presensi Siswa, Catatan Hambatan Belajar Siswa, Daftar Buku Pegangan Guru Dan Siswa, Analisis KKM, Kisi-Kisi Soal, Soal-Soal Ulangan, Buku Informasi Penilaian , Analisis Butir Soal, Analisis Hasil Ulangan.

 


Mata kuliah ini akan mempelajari teori-reori strategi dalam pembelajaran dan  mempraktekkan teori tersebut dengan materi  Al Quran Hadits di MTS/MA. 

Sosiologi pendidikan merupakan kajian disiplin ilmu yang berusaha memecahkan masalah di bidang pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis. Aspek ini, dipandang perlu didokumentasikan atau dimonumentalkan, mengingat setiap waktu terjadi perubahan yang amat cepat, salah satunya pemberlakuan belajar daring-luring di era Covid-19. Tentu, hal ini mempengaruhi lingkup sosial dan bidang pendidikan.