Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa adalah matakuliah yang membahas tentang hakikat kurikulum dan buku teks, perkembangan kurikulum di Indonesia, komponen kurikulum, isi kurikulum yang berlaku, keragaman buku teks, kriteria buku teks yang baik, dan buku teks yang disarankan. Pembahasannya meliputi:

Bab 1 Konsep Dasar Kurikulum (1 – 4)

Bab 2 Asas-Asas Pengembangan Kurikulum (7 -8)

Bab 3 Pengembangan Kurikulum (9 – 10)

Bab 4 Lintas Kurikulum (11 – 13)

Bab 5 Kurikulum Berbasis Kompetensi (14 – 16)

Ujian Tengah Semester (17)

Bab 6 Guru Dalam Perkembangan Kurikulum (18 – 19)

Bab 7 Buku Teks (20 – 22)

Bab 8 Buku Kerja (23)

Bab 9 Telaah Buku Teks (24 -25)

Bab 11 Kurikulum Merdeka (26 -27)

Bab 12 Miniriset Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa (28 – 31)

Ujian Akhir Semester (32)

Sumber Bacaan:

  • Armstrong, David G. 2003. Curriculum Today. New Jersey: Pearson Education Inc.
  • Henderson, James G.; Kesson, Kathleen R. 2004. Curriculum Wisdom. New Jersey:
  • Pearson Education Press.
  • Smith, David L.; Lovat, Terence J. 2003. Curriculum: Action on Reflection. 4th
  • Edition. Australia: Social Science Press.
  • Sukmadinata, Nana Syaodih. 2001. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik.
  • Bandung: Remaja Rosdakarya.
 
 


Dalam pengajaran BIPA, metode pengajaran yang sesuai dengan kondisi pembelajar akan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dengan cepat. Dalam kelas BIPA ada beberapa prinsip yang harus diterapkan, yaitu berbicaralah dengan semua pembelajar dengan bahasa Indonesia (jangan hanya berbicara dengan pembelajar yang paling fasih berbahasa Indonesia), bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar proses belajar mengajar, perkenalkan pembelajar secara pribadi dengan penutur asli atau melalui video, beri dorongan pembelajar agar mau menggunakan bahasa Indonesia di luar kelas secara mandiri, rancang aktivitas berbahasa yang melibatkan pembelajar secara pribadi, lebih berfokus pada pengajaran bukan pada evaluasi, carilah cara yang efektif untuk memanfaatkan media pengajaran yang sejalan dengan bahan pengajaran yang akan disajikan..


Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami standar sarana dan prasarana pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan mendapatkan secara langsung data sesuai kondisi nyata di lapangan dalam pengimplementasian standar sarana dan prasarana pemebelajaran tersebut di madrasah-madrasah serta mempersiapkan diri mahasiswa menjadi guru professional dalam menjalankan kegiatan pembelajaran.


Mata kuliah membahas mengenai kewirausahaan sebagai suatu ilmu yang ditinjau secara islami dan kaitannya dalam pendidikan tadris Bahasa Indonesia

Mata kuliah ini membahas tentang  kemampuan dan keterampilan dalam menulis karya sastra,  baik  puisi, prosa maupun naskah drama.  Selain itu, mengkaji konsep menulis berbagai ragam fiksi, puisi, dan naskah drama meliputi (1) pengolahan unsur fiksi, puisi, dan naskah drama (2) proses kreatif menulis fiksi, puisi, dan naskah drama: pencarian ide, pengolahan, dan pematangan ide, penuangan ide, revisi; (3) menulis berbagai ragam fiksi, puisi, dan naskah drama; (4) publikasi buku kumpulan fiksi, puisi, dan naskah drama.



Mata kuliah Inovasi Pendidikan menyajikan konsep dasar inovasi pendidikan, memberikan gambaran proses inovasi pendidikan, karakteristik inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, inovasi dalam bidang ketenagaan, inovasi dalam manajemen pendidikan, inovasi kurikulum, inovasi dalam pembelajaran, dan inovasi teknologi pembelajaran berbasis digital (digital based Learning)

Mata kuliah metode penelitian kuantitatif yaitu mata kuliah yang mengajarkan cara pengolahan data penelitian berbasis data berupa angka. Dengan mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menghasilkan tulisan/penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif.

Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang profesi keguruan, kode etik guru dan profesionalisme guru Bahasa Indonesia