Mata Kuliah

:

PembelajaranTematik Pendidikan Anak Usia Dini

Kode

:

01030810

sks

:

2

Program Studi

:

Pendidikan Islam AnakUsiaDini

DosenPengampu

:

RaisahArmayantiNasution, M.Pd.

Capaian Pembelajaran Prodi :

S1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2. Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama , moral dan etika

S3. Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan   Pancasila

KU1.Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atauimplementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

P1.   Mampu menguasaikonsepdasarpembelajarantematiksesuaidengankurikulumRaudhatulAthfaldantahapperkembanganusiaanak.

KK. MendesainpembelajarantematiksesuaidengankurikulumRaudhatulAthfal.

 

Capaian MataKuliah :

M1.  Mampu membahas pembelajaran tematik  anak usia dini dengan kajian integratif dalam laporan tertulis dan lisan secara mandiri maupun kerja tim (S1, S6, S9, KU1, KU10, KU11, P4, dan P6)

M2. Mampu merancang pembelajatan tematik bagi anak usia  sesuai dengan kebutuhan anak dalam laporan tertulis secara mandiri dan kelompok. (S1, S6, S9, KU1, KU10, KU11, P2, dan P4)

M3 Mampu mengimplementasikan pembelajaran tematik  yang sesuai dengan kebutuhan anak dalam bentuk lisan dan laporan secara mandiri dan kelompok   (S1, S6, S9, KU1, KU10, KU11, P2, P4, dan KK 1)


Perkuliahan ini membahas tentang konsep dasar dan ruang lingkup magang I (observasi pembelajaran), administrasi pembelajaran, standar proses pembelajaran yang terdiri dari Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Evaluasi pembelajaran, dan Pengawasan pembelajaran. Standar penilaian pembelajaran yang terdiri dari Penilaian proses dan Penilaian hasil pembelajaran anak, Standar sarana/ prasarana pembelajaran dan juga  Administrasi pembelajaran lainnya seperti Silabus, Kalender Pendidikan, Pogram Tahunan, Program Semester, Presensi Siswa, Catatan Hambatan Belajar Siswa, Daftar Buku Pegangan Guru Dan Siswa, Analisis KKM, Kisi-Kisi Soal, Soal-Soal Ulangan, Buku Informasi Penilaian , Analisis Butir Soal, Analisis Hasil Ulangan.


Mata kuliah Neurosains dalam Pendidikan dirancang untuk mengkaji tentang sistem syaraf dan otak yang berkaitan dengan perkembangan dan stimulasi pembelajaran bagi anak usia dini. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa memahami dinamika otak dan mampu memberikan stimulasi untuk meningkatkan daya otak anak serta mendesain pembelajaran yang sesuai dengan cara kerja otak anak usia dini.