KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan pada dasarnya memotivasi mahasiswa berpikir kreatif dan inovatif dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda sebagai kiat dalam perbaikan hidupnya nanti. Ruang lingkup materinya meliputi : (a) konsep dasar Kewirausahaan; (b) Pengertian kewirausahaan; (c) Ide dan peluang Usaha; (d) Bentuk-bentuk Usaha; (e) Rencana Usaha;(f) Pemasaran; (g) Etika wirausaha; (h) Membangun kepemimpinan wirausaha; (i) Mengubah Dari Hoby menjadi Usaha; (j) Komunikasi dan Negoisasi Bisnis; (k) Kelayakan Bisnis; (l) Membangun Kerjasama usaha


SELAMAT DATANG 

PADA MATAKULIAH KEWIRAUSAHAAN

Memberikan pemahaman kepada Mahasiswa tentang perilaku dan sikap kewirausahaan   melalui teori-teori yang mendukungnya serta contoh-contoh aplikasi nyata di dunia usaha. Dengan harapan agar peserta mampu membaca peluang-peluang usaha yang pada akhirnya didorong untuk mempunyai jiwa  wirausaha dan mempunyai minat untuk berwirausaha, yang digambarkan dalam rencana usaha atau proposal usaha


BAHAN BACAAN

1.      Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, J. William Petty, “Small Business    Management “ @ 2000 South-Western College Publishing.  

2.      Jeff Madura.  “ Introduction to Business 2 nd Edition2001 by  South-WesternCollege Publishing., a Division of Thomson Learning.

3.      Mudjiarto, Aliaras Wahid “Kewirausahaan” Motivasi dan Prestasi dalam karier Wirausaha – UIEUUniversity Press 2008

4.      Drs. Masykur Wiratmo, M.Sc. “Pengantar Kewirasawstaan” Penerbit BPFE-Yogyakarta 2006.

5.      Pedoman PKM Dikti 2018

6.      Hendro, 2011 Dasar-dasarKewirausahaan, PanduanbagimahasiswauntukMengenal, memahamidanmemasukiDuniaBisnis.

7.      Hisrich,Robert D &Peters,Michael P,(2002),Entrepreneurship,McGrawHil,New York.

8.      KewirausahaanTeori&Praktek, Geoffrey Meredith, Penerbit : PPm Jakarta

9.      Kewirausahaan, Longenecker, Penerbit : SalembaEmpat, Jakarta


SELAMAT DATANG 

PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Memberikan pemahaman kepada Mahasiswa tentang perilaku dan sikap kewirausahaan   melalui teori-teori yang mendukungnya serta contoh-contoh aplikasi nyata di dunia usaha. Dengan harapan agar peserta mampu membaca peluang-peluang usaha yang pada akhirnya didorong untuk mempunyai jiwa  wirausaha dan mempunyai minat untuk berwirausaha, yang digambarkan dalam rencana usaha atau proposal usaha.




BAHAN BACAAN

1.      Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, J. William Petty, “Small Business    Management “ @ 2000 South-Western College Publishing.  

2.      Jeff Madura.  “ Introduction to Business 2 nd Edition2001 by  South-WesternCollege Publishing., a Division of Thomson Learning.

3.      Mudjiarto, Aliaras Wahid “Kewirausahaan” Motivasi dan Prestasi dalam karier Wirausaha – UIEUUniversity Press 2008

4.      Drs. Masykur Wiratmo, M.Sc. “Pengantar Kewirasawstaan” Penerbit BPFE-Yogyakarta 2006.

5.      Pedoman PKM Dikti 2018

6.      Hendro, 2011 Dasar-dasarKewirausahaan, PanduanbagimahasiswauntukMengenal, memahamidanmemasukiDuniaBisnis.

7.      Hisrich,Robert D &Peters,Michael P,(2002),Entrepreneurship,McGrawHil,New York.

8.      KewirausahaanTeori&Praktek, Geoffrey Meredith, Penerbit : PPm Jakarta

9.      Kewirausahaan, Longenecker, Penerbit : SalembaEmpat, Jakarta


Mahasiswa mampu memahami konsep secara menyeluruh tentang konseling populasi khusus dan mampu mengambil tindakan terhadap permasalahan umum yang seriang dialami oleh populasi khusus dengan mengaplikasikan pendekatan/teknik/dan teori konseling sehingga populasi khusus tersebut menggapai kehidupan efektif sehari-hari (KES) dan terhindar dari kehidupan efektif sehari-hari yang terganggu (KES-T)