Capaian Mata  Kuliah :

M1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

M2. Terampil mendiskripsikan dan menganalisis hakekat dan tujuan Fikih/Usul Fikih yang sesuai dengan nilai dan ajaran Islam yang bersumberkan kepada Alquran dan Hadis maupun dari pemikiran para Fuqaha.

M3.  Mampu menjelaskan konsep-konsep yang terdapat pada Fikih/Usul Fikih dengan benar.

M4. Mampu membandingkan hukum-hukum yang terdapat dalam fikih/usul fikih dengan hukum-hukum pidana, hukum perdata dan hukum adat yang berlaku di Indonesia.


Intensive Reading merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep dasar membaca. Teori-teori reading skill sebagai berikut: paragraph, topic sentence, main idea, punctuations clues, dll. Dalam perkuliahan intensive reading mahasiswa berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan intensive reading serta agar dapat mengaplikasikannya, dalam proses pembelajaran dan pengajaran dalam ilmu keterampilan.


Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan teori serta pengetahuan tentang articulatory phonetics dan Pronunciation rules yang meliputi pengucapan Bahasa Inggris perkata dan perprasa serta pengorganisasiannya.

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan teori serta pengetahuan tentang articulatory phonetics dan Pronunciation rules yang meliputi pengucapan Bahasa Inggris perkata dan perprasa serta pengorganisasiannya. Cakupan materi meliputi istilah-istilah spesifik linguistik, Definition of Pronunciation and English Alphabet, Word Spelling and Variants Spelling, English Letters, Phonetic Symbols, Organ of Speech, Consonant Sounds, Vowel Sounds, Gliding Sounds, and Dipthongs, Words Stress of Derive Words, Rising and Falling Intonation, Punctuation Mark, and Lingking “r” dan Intrusive “r”, dalam Bahasa Inggris. Perkuliahan diselenggarakan dengan ceramah, diskusi dalam kelompok-kelompok kecil maupun berpasangan, membaca terbimbing (guided reading), dan Students Centered Learning (SCL). Penilaian pencapaian Pembelajaran mahasiswa dilakukan melalui partisipasi perkuliahan, penugasan berupa reading reports, kuis-kuis, ujian tengah semester, dan ujian Akhir semester.