Nama/Kode MK                     : Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini

SKS                                         : 2 (Dua)

Semester                                  : 7 (Tujuh)

Kelas                                       : PIAUD 1

Prodi                                       : Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Fakultas                                   : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Capaian Pembelajaran MK     :Mahasiswa mampu mengkaji tumbuh kembang anak, pelayanan kesehatan dan perawatan kebersihan untuk anak, makanan sehat sesuai gizi seimbang sesuai daur kehidupan anak serta mampu mengaplikasikannya untuk pendidikan dan layanan kesehatan bagi anak usia dini (AUD) mengenali anak yang sakit dan tanda kegawatdaruratan.

Deskripsi Mata Kuliah            : Mata kuliah yang diajarkan membahas tentang pengertian kesehatan dan gizi, pentingnya kesehatan dan gizi AUD, tujuan dan manfaat pembelajaran kesehatan dan gizi AUD bagi mahasiswa PIAUD, pertumbuhan dan perkembangan AUD, layanan kesehatan dasar bagi AUD, perawatan kebersihan bagi AUD, pengukuran dan penilaian status gizi, makan (pola makan, tahapan makan sesuai daur kehidupan, dan gizi seimbang), program makanan tambahan di sekolah konsep terjadinya penyakit, ciri-ciri anak sehat, gangguan kesehatan akibat kekurangan dan kelebihan gizi serta kegawatdaruratan pada anak sekolah.

Pendekatan Pembelajaran       :

-          Metode            : Ceramah, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kolaboratif,   Discovery Learning

-          Tugas               : Tugas rutin, mini riset, mini project, critical jurnal review, critical book review

-          Media              : Infocus, Power Point, Lembar Diskusi, Jigsaw Card, Lembar Kuis, alat peraga

-          Evaluasi           : Kehadiran, Partisipasi di Kelas, Tugas, UTS, UAS

Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1                            : Introduction

Pertemuan 2                            : Hakikat Kesehatan dan Gizi AUD

Pertemuan 3                            : Konsep Umum Tumbuh Kembang Anak

Pertemuan 4                            : Pelayanan Dasar  Kesehatan dan Kebersihan Anak

Pertemuan 5                            : Perawatan dan Kebersihan AUD

Pertemuan 6                            : Pengukuran dan Penilaian Status Gizi Anak Usia Dini

Pertemuan 7                            : Prinsip Gizi Seimbang “ISI PIRINGKU” dan Pola Makan

Pertemuan 8                            : UTS

Pertemuan 9                            : Peran Penting Minum Air Mineral

Pertemuan 10                          : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak bagian 1 (Asi dan meng-ASI-hi)

Pertemuan 11                          : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak bagian 2 (MPASI dan GTM)

Pertemuan 12                          : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak bagian 3 (ISI PIRINGKU pada anak PAUD/TK serta Program Makanan Tambahan di Sekolah)

Pertemuan 13                          : Masalah Gizi Kesehatan Masyarakat (Kekurangan dan Kelebihan Gizi AUD)

Pertemuan 14                          : Dimensi Anak Sehat dan gejala gangguan kesehatan anak

Pertemuan 15                          : Kegawatdaruratan pada anak PAUD/TK di sekolah

Pertemuan 16                          : UAS


Pendidikan multikultural Bermakna sebagai proses pendidikan cara hidup menghormati, tulus, toleransi terhadap keragaman budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat plural sehingga peserta didik kelak memiliki kekuatan dan kelenturan mental bangsa dalam menyikapi konflik sosial di masyarakat.