Nama/Kode MK                     : Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini

SKS                                         : 2 (Dua)

Semester                                  : 7 (Tujuh)

Kelas                                       : PIAUD 3 

Prodi                                       : Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Fakultas                                   : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Capaian Pembelajaran MK     :Mahasiswa mampu mengkaji tumbuh kembang anak, pelayanan kesehatan dan perawatan kebersihan untuk anak, makanan sehat sesuai gizi seimbang sesuai daur kehidupan anak serta mampu mengaplikasikannya untuk pendidikan dan layanan kesehatan bagi anak usia dini (AUD)

Deskripsi Mata Kuliah            : Mata kuliah yang diajarkan membahas tentang pengertian kesehatan dan gizi, pentingnya kesehatan dan gizi AUD, tujuan dan manfaat pembelajaran kesehatan dan gizi AUD bagi mahasiswa PIAUD, pertumbuhan dan perkembangan AUD, layanan kesehatan dasar bagi AUD, perawatan kebersihan bagi AUD, pengukuran dan penilaian status gizi, makan (pola makan, tahapan makan sesuai daur kehidupan, dan gizi seimbang), program makanan tambahan di sekolah konsep terjadinya penyakit, ciri-ciri anak sehat, gangguan kesehatan akibat kekurangan dan kelebihan gizi serta kegawatdaruratan pada anak sekolah.

Pendekatan Pembelajaran       :

-          Metode            : Ceramah, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kolaboratif,   Discovery Learning

-          Tugas               : Tugas rutin, mini riset, mini project, critical jurnal review, critical book review

-          Media              : Infocus, Power Point, Lembar Diskusi, Jigsaw Card, Lembar Kuis, alat peraga

-          Evaluasi           : Kehadiran, Partisipasi di Kelas, Tugas, UTS, UAS

Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1                            : Introduction

Pertemuan 2                            : Hakikat Kesehatan dan Gizi AUD

Pertemuan 3                            : Konsep Umum Tumbuh Kembang Anak

Pertemuan 4                            : Pelayanan Dasar  Kesehatan dan Kebersihan Anak

Pertemuan 5                            : Perawatan dan Kebersihan AUD

Pertemuan 6                            : Pengukuran dan Penilaian Status Gizi Anak Usia Dini

Pertemuan 7                            : Prinsip Gizi Seimbang “ISI PIRINGKU” dan Pola Makan

Pertemuan 8                            : UTS

Pertemuan 9                            : Peran Penting Minum Air Mineral

Pertemuan 10                          : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak bagian 1 (Asi dan meng-ASI-hi)

Pertemuan 11                          : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak bagian 2 (MPASI dan GTM)

Pertemuan 12                          : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak bagian 3 (ISI PIRINGKU pada anak PAUD/TK serta Program Makanan Tambahan di Sekolah)

Pertemuan 13                          : Masalah Gizi Kesehatan Masyarakat (Kekurangan dan Kelebihan Gizi AUD)

Pertemuan 14                          : Dimensi Anak Sehat dan gejala gangguan kesehatan anak

Pertemuan 15                          : Kegawatdaruratan pada anak PAUD/TK di sekolah

Pertemuan 16                          : UAS


peraturan kelas daring

1. Tugas dikumpul setiap hari selasa (satu hari sebelum kelas berikutnya).

2. Saat mengumpul tugas silahkan melihat topik untuk kelas berikutnya, jika sudah ada file yang saya masukkan di elearning maka silahkan membaca ppt atau menonton video melalui link yang saya bagikan sebelum memulai kelas di jam pelajaran yang ditetapkan karena pada jam pelajaran yang di tetapkan nantinya kita akan mempelajari materi lanjutan dari pp atau video tersebut.

3. setiap anggota kelas wajib hadir di setiap pertemuan dengan aktif dalam diskusi kelas

4. izin tidak hadir kelas dengan alasan yang jelas hanya lewat dosen (japri wa)

5. segala bentuk diskusi perkuliahan dibahas dalam grup whatsapp dan tidak diperkenankan japri kecuali untuk urusan perizinan

Mata Kuliah

:

Kesehatan dan Gizi Anak Usia RA

Kode

:

 KesgizTRA3

 

 

 

 

 

Sks

:

2

 

 

 

 

 

Program Studi

:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

(PIAUD)

 

 

 

 

Semester

:

VII

 

 

 

 

 

Kelas

:

 PIAUD 3

 

 

 

 

 

Dosen Pengampu

:

Toghur Arifani Lubis, S.Ked, M.K.M

 

Sikap (S)

:

  1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

 

 

  1. Menghargai keanekaragaman  budaya,  pangan, agama dan kepercayaan, serta  pendapat atau temuan orsinil orang lain

 

 

  1.  Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan   Pancasila

 

 

  1.  Mengintenalisasi semanagat kemandirian, kejuangan dan kewirusahaan

Keterampilan Umum

(KU)

:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora  dan Islam sesuai dengan bidang keahliannya

 

  1. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

 

 

  1.  Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

 

 

  1. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah  plagiasi;

Pengatahuan (P)

:

  1. Memiliki kemampuan berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingin tahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
  2. Mahasiswa dapat memahami prinsip dan tujuan mempelajari ilmu gizi secara konseptual yang dapat dilihat dari pembahasan konsep umum tumbuh kembang anak, gizi seimbang untuk tumbuh kembang anak, penyakit-penyakit terkait gizi anak, program makanan tambahan di sekolah, gejala dan upaya pencegahan penyakit pada  anak, pengukuran dan perhitungan status gizi anak.

 

  1. Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keislaman sebagai paradigm keilmuan;

Keterampilan

Khusus

:

  1. Terampil melaksanakan perbaikan pembelajaran kesehatan dan gizi anak usia dini secara berkesinambungan melalui tindakan reflektif dan lesson sudies.

 

  1. Mahasiswa dapat mengimplementasikan teori, konsep, dan  prinsip kepemimpinan pendidikan dalam aktivitas pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan secara efektif, efisien dan islami.

 

  1. Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan yang terjadi terkait gizi yang dapat dilihat dari proses metabolisme zat gizi, keseimbangan konsumsi zat gizi sehari-hari (gizi makro dan mikro), masalah terkait gizi anak, gizi daur hidup anak , angka kecukupan gizi serta memahami tata cara melakukan penilaian status gizi baik langsung ataupun tidak langsung untuk anak usia dini.

Capaian Mata  Kuliah

:

  1. Mahasiswa memiliki sikap kritis, daya kreatif, apresiasi dan kepekaan terhadap komponen-komponen yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi anak usia dini sebagai bekal hidup serta bekal menjadi seorang pendidik anak usia dini
  2. Mahasiswa mampu mengkaji dan memahami pengertian dan pentingnya kesehatan dan gizi anak
  3. Mahasiswa mampu memahami tumbuh kembang dan gizi anak usia dini
  4. Mahasiswa mampu memahami dan melakukan pelayanan kesehatan dan gizi anak yang baik
  5. Mahasiswa memahami permasalahan kesehatan terkait gizi anak usia dini
  6. Mahasiswa mampu melakukan penilaian status gizi anak
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan daur hidup manusia dan kebutuhan gizi yang terkait dengan anak usia dini
  8. Mahasiswa dapat mengimplementasikan teori terkait kesehatan dan gizi anak usia dini dalam aktivitas pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan secara efektif, efisien dan islami

Ranah Transdisipliner

:

Ranah Transdisipliner :

Transdisipliner dalam konteks mata kuliah Kesehatan dan gizi anak usia dini adalah kajian lintas disiplin ilmu yang dapat mengantara mahasiswa mampu memahami ilmu gizi, kedokteran, kesehatan masyarakat, kebijakan nasional tentang hak kesehatan dan gizi bagi anak, dan ayat alquran sebagai pedoman hidup terkait halal-haram minuman dan makanan beserta  adabnya dan perintah pemberian ASI, sehingga setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa dapat menjadi guru yang kompeten di bidang perawatan kesehatan dan gizi anak usia dini.


SILABUS

Nama/Kode MK                     : Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini

SKS                                         : 2 (Dua)

Semester                                  : 7 (Tujuh)

Kelas                                       : PIAUD 3 dan PIAUD 4

Prodi                                       : Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Fakultas                                   : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Capaian Pembelajaran MK     :Mahasiswa mampu mengkaji tumbuh kembang anak, pelayanan kesehatan dan perawatan kebersihan untuk anak, makanan sehat sesuai gizi seimbang sesuai daur kehidupan anak serta mampu mengaplikasikannya untuk pendidikan dan layanan kesehatan bagi anak usia dini (AUD)

Deskripsi Mata Kuliah            : Mata kuliah yang diajarkan membahas tentang pengertian kesehatan dan gizi, pentingnya kesehatan dan gizi AUD, tujuan dan manfaat pembelajaran kesehatan dan gizi AUD bagi mahasiswa PIAUD, pertumbuhan dan perkembangan AUD, layanan kesehatan dasar bagi AUD, perawatan kebersihan bagi AUD, pengukuran dan penilaian status gizi, makan (pola makan, tahapan makan sesuai daur kehidupan, dan gizi seimbang), konsep terjadinya penyakit, ciri-ciri anak sehat, gangguan kesehatan akibat kekurangan dan kelebihan gizi, program makanan tambahan di sekolah.

Pendekatan Pembelajaran       :

-          Metode            : Ceramah, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kolaboratif,   Discovery Learning

-          Tugas               : Tugas rutin, mini riset, mini project, critical jurnal review, critical book review

-          Media              : Infocus, Power Point, Lembar Diskusi, Jigsaw Card, Lembar Kuis, alat peraga

-          Evaluasi           : Kehadiran, Partisipasi di Kelas, Tugas, UTS, UAS

Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1                            : Introduction

Pertemuan 2                            : Hakikat Kesehatan dan Gizi AUD

Pertemuan 3                            : Konsep Umum Tumbuh Kembang Anak

Pertemuan 4                            : Pelayanan Dasar  Kesehatan dan Kebersihan Anak

Pertemuan 5                            : Perawatan dan Kebersihan AUD

Pertemuan 6                            : Pengukuran dan Penilaian Status Gizi Anak Usia Dini

Pertemuan 7                            : Pola Makan dan Kebutuhan Gizi Anak

Pertemuan 8                            : UTS

Pertemuan 9                            : Peran Penting Minum

Pertemuan 10                          : Gizi Seimbang untuk Tumbuh Kembang Anak

Pertemuan 11                          : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak

Pertemuan 12                          : Masalah Gizi Kesehatan Masyarakat (Kekurangan dan Kelebihan Gizi AUD)

Pertemuan 13                          : Gejala Gangguan Kesehatan Anak

Pertemuan 14                          : Dimensi Anak Sehat

Pertemuan 15                          : Program Makanan Tambahan di Sekolah

Pertemuan 16                          : UAS


Mata kuliah ini membahas tentang hakikat menggambar pada anak usia dini dan teknik-teknik menggambar yang dapat diterapkan pada anak usia dini.


Mata kuliah Sosiologi Pendidikan merupakan mata kuliah yang mengkaji tentang hubungan masyarakat dalam pendidikan baik hubungan individu dengan individu, hubungan individu dengan kelompok, maupun hubungan kelompok dengan kelompok. Tujuan dan manfaat mata kuliah ini adalah agar setiap individu khususnya pendidik dan pengelola pendidikan memahami keberagaman (Sosial dan budaya) yang terdapat pada masing-masing individu (siswa, guru, pengelola pendidikan, satpam, dan lainnya).