- Teacher: mansur keling
Nama/Kode MK : Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini
SKS : 2 (Dua)
Semester : 7 (Tujuh)
Kelas : PIAUD 3
Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Capaian Pembelajaran MK :Mahasiswa mampu mengkaji tumbuh kembang anak, pelayanan kesehatan dan perawatan kebersihan untuk anak, makanan sehat sesuai gizi seimbang sesuai daur kehidupan anak serta mampu mengaplikasikannya untuk pendidikan dan layanan kesehatan bagi anak usia dini (AUD)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah yang diajarkan membahas tentang pengertian kesehatan dan gizi, pentingnya kesehatan dan gizi AUD, tujuan dan manfaat pembelajaran kesehatan dan gizi AUD bagi mahasiswa PIAUD, pertumbuhan dan perkembangan AUD, layanan kesehatan dasar bagi AUD, perawatan kebersihan bagi AUD, pengukuran dan penilaian status gizi, makan (pola makan, tahapan makan sesuai daur kehidupan, dan gizi seimbang), program makanan tambahan di sekolah konsep terjadinya penyakit, ciri-ciri anak sehat, gangguan kesehatan akibat kekurangan dan kelebihan gizi serta kegawatdaruratan pada anak sekolah.
Pendekatan Pembelajaran :
- Metode : Ceramah, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kolaboratif, Discovery Learning
- Tugas : Tugas rutin, mini riset, mini project, critical jurnal review, critical book review
- Media : Infocus, Power Point, Lembar Diskusi, Jigsaw Card, Lembar Kuis, alat peraga
- Evaluasi : Kehadiran, Partisipasi di Kelas, Tugas, UTS, UAS
Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1 : Introduction
Pertemuan 2 : Hakikat Kesehatan dan Gizi AUD
Pertemuan 3 : Konsep Umum Tumbuh Kembang Anak
Pertemuan 4 : Pelayanan Dasar Kesehatan dan Kebersihan Anak
Pertemuan 5 : Perawatan dan Kebersihan AUD
Pertemuan 6 : Pengukuran dan Penilaian Status Gizi Anak Usia Dini
Pertemuan 7 : Prinsip Gizi Seimbang “ISI PIRINGKU” dan Pola Makan
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Peran Penting Minum Air Mineral
Pertemuan 10 : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak bagian 1 (Asi dan meng-ASI-hi)
Pertemuan 11 : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak bagian 2 (MPASI dan GTM)
Pertemuan 12 : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak bagian 3 (ISI PIRINGKU pada anak PAUD/TK serta Program Makanan Tambahan di Sekolah)
Pertemuan 13 : Masalah Gizi Kesehatan Masyarakat (Kekurangan dan Kelebihan Gizi AUD)
Pertemuan 14 : Dimensi Anak Sehat dan gejala gangguan kesehatan anak
Pertemuan 15 : Kegawatdaruratan pada anak PAUD/TK di sekolah
Pertemuan 16 : UAS
- Teacher: toghur toghur
Mata Kuliah |
: |
Kesehatan dan Gizi Anak Usia RA |
|||||
Kode |
: |
KesgizTRA3 |
|
|
|
|
|
Sks |
: |
2 |
|
|
|
|
|
Program Studi |
: |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
(PIAUD) |
|
|
|
|
Semester |
: |
VII |
|
|
|
|
|
Kelas |
: |
PIAUD 3 |
|
|
|
|
|
Dosen Pengampu |
: |
Toghur Arifani Lubis, S.Ked, M.K.M |
|
||||
Sikap (S) |
: |
|
|||||
|
|
|
|||||
|
|
|
|||||
|
|
|
|||||
Keterampilan Umum (KU) |
: |
|
|||||
|
|
||||||
|
|
|
|||||
|
|
|
|||||
Pengatahuan (P) |
: |
|
|||||
|
|
||||||
Keterampilan Khusus |
: |
|
|||||
|
|
||||||
|
|
||||||
Capaian Mata Kuliah |
: |
|
|||||
Ranah Transdisipliner |
: |
Ranah Transdisipliner : Transdisipliner dalam konteks mata kuliah Kesehatan dan gizi anak usia dini adalah kajian lintas disiplin ilmu yang dapat mengantara mahasiswa mampu memahami ilmu gizi, kedokteran, kesehatan masyarakat, kebijakan nasional tentang hak kesehatan dan gizi bagi anak, dan ayat alquran sebagai pedoman hidup terkait halal-haram minuman dan makanan beserta adabnya dan perintah pemberian ASI, sehingga setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa dapat menjadi guru yang kompeten di bidang perawatan kesehatan dan gizi anak usia dini. |
SILABUS
Nama/Kode MK : Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini
SKS : 2 (Dua)
Semester : 7 (Tujuh)
Kelas : PIAUD 3 dan PIAUD 4
Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Capaian Pembelajaran MK :Mahasiswa mampu mengkaji tumbuh kembang anak, pelayanan kesehatan dan perawatan kebersihan untuk anak, makanan sehat sesuai gizi seimbang sesuai daur kehidupan anak serta mampu mengaplikasikannya untuk pendidikan dan layanan kesehatan bagi anak usia dini (AUD)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah yang diajarkan membahas tentang pengertian kesehatan dan gizi, pentingnya kesehatan dan gizi AUD, tujuan dan manfaat pembelajaran kesehatan dan gizi AUD bagi mahasiswa PIAUD, pertumbuhan dan perkembangan AUD, layanan kesehatan dasar bagi AUD, perawatan kebersihan bagi AUD, pengukuran dan penilaian status gizi, makan (pola makan, tahapan makan sesuai daur kehidupan, dan gizi seimbang), konsep terjadinya penyakit, ciri-ciri anak sehat, gangguan kesehatan akibat kekurangan dan kelebihan gizi, program makanan tambahan di sekolah.
Pendekatan Pembelajaran :
- Metode : Ceramah, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kolaboratif, Discovery Learning
- Tugas : Tugas rutin, mini riset, mini project, critical jurnal review, critical book review
- Media : Infocus, Power Point, Lembar Diskusi, Jigsaw Card, Lembar Kuis, alat peraga
- Evaluasi : Kehadiran, Partisipasi di Kelas, Tugas, UTS, UAS
Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1 : Introduction
Pertemuan 2 : Hakikat Kesehatan dan Gizi AUD
Pertemuan 3 : Konsep Umum Tumbuh Kembang Anak
Pertemuan 4 : Pelayanan Dasar Kesehatan dan Kebersihan Anak
Pertemuan 5 : Perawatan dan Kebersihan AUD
Pertemuan 6 : Pengukuran dan Penilaian Status Gizi Anak Usia Dini
Pertemuan 7 : Pola Makan dan Kebutuhan Gizi Anak
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Peran Penting Minum
Pertemuan 10 : Gizi Seimbang untuk Tumbuh Kembang Anak
Pertemuan 11 : Tahap-Tahap Pemberian Makan Pada Anak
Pertemuan 12 : Masalah Gizi Kesehatan Masyarakat (Kekurangan dan Kelebihan Gizi AUD)
Pertemuan 13 : Gejala Gangguan Kesehatan Anak
Pertemuan 14 : Dimensi Anak Sehat
Pertemuan 15 : Program Makanan Tambahan di Sekolah
Pertemuan 16 : UAS
- Teacher: toghur toghur
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat menggambar pada anak usia dini dan teknik-teknik menggambar yang dapat diterapkan pada anak usia dini.
- Teacher: NURLAILI M.Pd
- Teacher: Seila Rizkina
- Teacher: nun zairina
Mata kuliah Sosiologi Pendidikan merupakan mata kuliah yang mengkaji tentang hubungan masyarakat dalam pendidikan baik hubungan individu dengan individu, hubungan individu dengan kelompok, maupun hubungan kelompok dengan kelompok. Tujuan dan manfaat mata kuliah ini adalah agar setiap individu khususnya pendidik dan pengelola pendidikan memahami keberagaman (Sosial dan budaya) yang terdapat pada masing-masing individu (siswa, guru, pengelola pendidikan, satpam, dan lainnya).
- Teacher: Ismail M.Si