DESKRIPSI MATAKULIA

Matakuliah kepemimpinan pendidikan bersifat wajib tempuh bagi mahasiswa program studi PIPS. Matakuliah ini membahas berbagai konsep, teori, fungsi, tipologi, gaya dan model/pendekatan kepemimpinan pada umumnya; selanjutnya pembahasan dikaitkan dengan bidang pendidikan dan lembaga pendidikan di indonesia, termasuk karakteristik dan kemampuan yang diperlukan bagi pemimpin- pemimpin pendidikan di indonesia dan kemudian lebih dikonsentrasikan pada kekepala sekolahan (principalship) terutama yang berkenaan dengan peran dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kegiatan pembelajaran meliputi pemberian informasi, diskusi, pemberian tugas, presentasi, dan praktek (simulasi) kepemimpinan pendidikan (memberikan briefing, memimpin rapat, menjalankan peran dalamforum seminar, diskusi dan praktek pengambilan keputusan) dan dilengkapi pula dengan kegiatan outbond untuk mengembangkan sikap kepemimpinan dan kreativitas. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui tes tertulis, tugas, presentasi dan perfomansi dalam praktek.

TUJUAN MATAKULIAH

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan memiliki wawasan yang luas dalam bidang konsep kepemimpinan pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, pengawas dan profesinalitas guru dalam memajukan sebuah pendidikan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

1.      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

2.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

3.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

4.      Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.

MATERI PEMBELAJARAN

Kepemimpinan efktif, Kepemimpinan kepala sekolah, kepemimpinan guru, kepemimpinan pengawas, kepemimpinan enterprenuer, manajen pendiidkan, dan sekolah efektif.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Basri Hasan. 2014, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka setia

Hoy. K Wayne & Miskel G. Cecil. 2014. Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartono Kartini. 2016. Pemimpin dan Kepmimpinan. Jakarta: Rajawali Pers.

Robertson Jan, 2008.  Coaching Educational Leadership (Building Leadership Capacit through Partnership). Los Angles: SAGE

Suharsaputra Uhar, 2016. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung: Refika Adiyama

Syafaruddin & Asrul. 2013. Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung Perdana Peblishing.

Thoha Miftah, 2015. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahab Azis Abdul. 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep Manajemen Humas dan Layanan Publik, konsep tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan kurikulum, pengelolaan peserta didik Pengelolaan pendidik dan kependidikan, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan sarana prasaran dan pengelolaan kelas.

Pendidikan Diniyah Takmiliyah ( MDTA) merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam diluar  Pendidikan Formal yang diselenggarakan secara terstruktur dan berjenjang sebagai pelaksanaan pendidikan Keagamaan. siswa yang belajar pada lembaga pendidikan umum ( SD?MI, SMP?MTs dan SMA?SMK?MA dan yang Sederajat.

pendidikan MDTA gunanya untuk menambah dan memperdalam pengetahuan tentang Agama Islam, tapi lembaga ini tetap terbuka bagi siapapun yang tidak mengikuti pendidikan formal.

Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab, mengambil keputusan dan menguasai konsep dan teori supervisi pendidikan sesuai  bidang keahliannya.