KONTRAK PERKULIAHAN

A.     Identitas Mata Kuliah

a.       Nama  mata kuliah    : Metodologi Studi Islam

b.       Kode Mata Kuliah    : ISN 107

c.        Komponen                 : MKU

d.       Bobot                         : 2 SKS

e.       Fakultas                     : FITK

f.         Jurusan                      : II/ PIAUD 1

g.      Dosen                         :  Dr.Zulfahmi Lubis, M.Ag

h.      HP                               : 081265569119

i.        Email                           : sirjila@gmail.com

 

B.      Materi Kuliah

1.      Epistimilogi Islam : defenisi Islam, aspek-aspek ajaran Islam, sumber ajaran Islam, karekteristik ajaran Islam dan misi Islam

2.     sekularisasi dan Islamisasi ilmu pengetahuan

3.      .Filsafat Ilmu Islam, Metodologi Ilmu: tajribi, burhani, bayani dan irfani.dan 

4.      Islam sebagai objek kajian: Islam sebagai sumber, Islam sebagai pemahaman, Islam sebagai praktek, pendekatan, metode penelitian

5.      Study Ilmu Akidah : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode.

6.      Study Ilmu Hukum Islam: Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode.

7.      Study Ilmu Tasauf : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode

8.      Study Ilmu Filsafat Islam: Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode

9.  Study Ilmu politik Islam : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode

10.  Study Ilmu Ekonomi Islam : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode

12  Study Ilmu Pendidikan Islam : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode.

13.Study Ilmu Sains Islam : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode.

14. Problematika umat Islam Kontemporer

 

C.     Evaluasi

1.      Mid Semester       : 20%

2.      Ujian Semester     : 20%

3.      Makalaj                 : 20%

4.     Kritik  Jurnal           : 20%

5.     Book Report           : 20%

 

D.    Referensi

A.Khaer Suryaman, Pengantar Ilmu Hadist ( Jakarta : IAIN Jakarta, 1980).

Abd Latihf Muhammad, al-Ushul al-Fikriyah li Mazhab Ahl as-Sunnah ( Cairo : Dar an-Nahdhah al-`Arabiyah, t.t).

Abd al-Ghani, Abd al-Hakim, al-Mazahib as-Sufiyah wa Madarisuha (Cairo : Maktabah Madbuli, 1989).

Abdul Wahhab Khallaf , Ilmu Uhsul Fiqh , (Cairo : Dar as-Salam , 1994).

Abu Zahra , Tarikh al-Mazahib al-Islamiyah ( Cairo : Dar al-Fikri al-Islami, 1998).

Abu Zahra, Ushul Fiqh (Cairo : Dar al-Fikri al-Arabi, 1970).

Abu Yazid al-`Ajami, Fi Tasawuf al-Islami (Cairo: Dar ats -Tsaqafah al-Islamiyah, 1996).

Abuddin Nata, M.A, Metodologi Studi Islam (Jakarta : Rajawali Press, 2004).

Ali Sari`ati, Tentang Teologi Islam , (terj) Saifudidin Mahyuddin, dari judul asli On The Sociology of Islam , (Yogyakarta : Ananda, 1982).

Al-Hadi Karwo, at-Tasyri` al-Islami ( Beirut : Dar al-Fikri al-Islami, 1986) .

Hasballah Thaib, al-Ushul Fi `ilmu al-Ushul (Medan: Darul Arafah Press, 1990).

Nasaruddin Razak, Islamologi (Bandung : Dar al-Ma`arif, 1976), cet.I

Saifuddin Abu al-Hasan al-Amadi, al-Ahkam fi Ushul al-Ahkam ( Cairo : Maktabah Wahbah , 1976).

Usep Fathuddin , Perlukah Islamisasi Ilmu ? Dalam Moeflich Hasbullah (ed), Gagasan dan Perdebatan Islamisasi Ilmu Pengetahuan , (Jakarta : Pustaka Cidesindo, 2000).

Zain, Mengenal Pelbagai Aliran Pemikiran Islam, Lihat : http/www.Al-Ahkam.com, 14Aril 2001.

Fazlur Rahman, Islamisasi ilmu , Sebuah Respon,  Dalam Moeflich Hasbullah (ed), Gagasan dan Perdebatan Islamisasi Ilmu Pengetahuan , (Jakarta : Pustaka Cidesindo, 2000) dan sebagainya.

Dr. Jamali Sahrodi, Metodologi Study Islam, Pustaka Setia

Dr. Muhyar Fanani, Metodologi Study Islam, Pustaka Pelajar

Drs. Atang Abd Hakim dan Dr.Jaih Mubarok, Metodologi Study Islam, Rosda

Dr. Faisar Ananda Arfa dkk, Metodologi Study Islam, Rajawali Press

 

E.     BOOK REPORT

1.      Abuddin Nata, M.A, Metodologi Studi Islam (Jakarta : Rajawali Press, 2004).

2.      Nasaruddin Razak, Islamologi (Bandung : Dar al-Ma`arif, 1976), cet.I

3.      Said Hawa, al-Islam  (Cairo: Dar as-Salam).

4.      Dr. Jamali Sahrodi, Metodologi Study Islam, Pustaka Setia

5.      Dr. Muhyar Fanani, Metodologi Study Islam, Pustaka Pelajar

6.      Drs. Atang Abd Hakim dan Dr.Jaih Mubarok, Metodologi Study Islam, Rosda

7.      Dr. Faisar Ananda Arfa dkk, Metodologi Study Islam, Rajawali Press



Mata Kuliah ini membahas tentang teori perkembangan anak usia dini dalam Islam dan psikologi.

Capaian Mata  Kuliah :

CPMK
Mampu merancang
mini riset perkembangan anak usia secara mandiri, bermutu, terukur, dan bebas plagiasi, serta mampu mempresentasikannya dengan sikap bertanggungjawab.
  1. Sub-CPMK-1. Merumuskan pengertian, Ruang lingkup, sejarah dan studi modern, Proses dan Periode perkembangan, masalah perkembangan,  metodologi penelitian, dan manfaat mempelajari psikologi anak usia dini bagi guru PAUD [C2,A3]
  2. Sub-CPMK-2. Menguraikan persamaan dan perbedaan berbagai teori perkembangan anak usia dini [C2,A3]
  3. Sub-CPMK-3. Membuat daftar indikator perkembangan anak usia dini dg sumber rujukan bermutu, terukur dan sahih [C3,A3]
  4. Sub-CPMK-4. Memilih dan menetapkan indikator perkembangan anak usia dini yang akan diteliti [C3,A3]
  5. Sub-CPMK-5. Mebuat laporan mini riset tentang perkembangan anak  yang sesuai indiktor yang sudah dipilih dengan penuh tanggung jawab [C6,A3,P3]