Mata kuliah ini membahas mengenai penelitian ilmiah serta riset-riset di perguruan tinggi yaitu metodologi penelitian kualitatif. Pelaksanaaan perkuliahan selama 14 kali pertemuan.

Mampu menjelaskan dan menerapkankan hakikat pendidikan ABK (peran keluarga dan pandangan islam terhadap anak berkebutuhan khusus), perbedaan pendidikan inklusi, sekolah luar biasa dan home schooling, macam-macam anak berkebutuhan khusus (tuna grahita, tuna larass, tuna rungu, tuna netra, tuna daksa, tuna ganda, anak gifted, hiperaktif, berkesulitan belajar, enuresis, temper tantrum serta memahami perilaku anak autis dan alexythimia.

Mata kuliah ini mampu menjelaskan dan menerapkan tentang hakikat pendidikan ABK (peran keluarga dan pandangan islam terhadap anak berkebutuhan khusus), perbedaan pendidikan inklusi, sekolah luar biasa dan home schooling, macam-macam anak berkebutuhan khusus (tuna grahita, tuna laras, tuna rungu, tuna netra, tuna daksa, tuna ganda, anak gifted, hiperaktif, berkesulitan belajar, enuresis, temper tantrum serta memahami perilaku anak autis dan alexythimia dan bagaimana mengatasi permasalahn anak berkebutuhan khusus.




Mata kuliah ini sangat penting bagi para pendidik, dimana akan sangat membantu mahasiswa dalam memahami karakter seorang pendidik terhadap anak didiknya, sehingga anak didik merasa senang dan bahagia dalam proses belajar mengajar bersama pendidik. ayat-ayat tarbiyah ini memotivasi para pendidik supaya menjadi pendidik yang berakhlakul karimah sesuai dengan Alquran Dan Sunnah Rasulullah saw.