Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa adalah matakuliah yang membahas tentang hakikat kurikulum dan buku teks, perkembangan kurikulum di Indonesia, komponen kurikulum, isi kurikulum yang berlaku, keragaman buku teks, kriteria buku teks yang baik, dan buku teks yang disarankan. Pembahasannya meliputi:
Bab 1 Konsep Dasar Kurikulum (1 – 4)
Bab 2 Asas-Asas Pengembangan Kurikulum (7 -8)
Bab 3 Pengembangan Kurikulum (9 – 10)
Bab 4 Lintas Kurikulum (11 – 13)
Bab 5 Kurikulum Berbasis Kompetensi (14 – 16)
Bab 6 Guru Dalam Perkembangan Kurikulum (18 – 19)
Bab 7 Buku Teks (20 – 22)
Bab 8 Buku Kerja (23)
Bab 9 Telaah Buku Teks (24 -25)
Bab 11 Kurikulum Merdeka (26 -27)
Bab 12 Miniriset Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa (28 – 31)
Ujian Akhir Semester (32)
Sumber Bacaan:- Armstrong, David G. 2003. Curriculum Today. New Jersey: Pearson Education Inc.
- Henderson, James G.; Kesson, Kathleen R. 2004. Curriculum Wisdom. New Jersey:
- Pearson Education Press.
- Smith, David L.; Lovat, Terence J. 2003. Curriculum: Action on Reflection. 4th
- Edition. Australia: Social Science Press.
- Sukmadinata, Nana Syaodih. 2001. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik.
- Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Dosen: Muhammad Nuh