Mata Kuliah

:

Kesehatan dan Gizi Anak Usia RA

Kode

:

 KesgizTRA3

 

 

 

 

 

Sks

:

2

 

 

 

 

 

Program Studi

:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

(PIAUD)

 

 

 

 

Semester

:

VII

 

 

 

 

 

Kelas

:

 PIAUD 3

 

 

 

 

 

Dosen Pengampu

:

Toghur Arifani Lubis, S.Ked, M.K.M

 

Sikap (S)

:

  1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

 

 

  1. Menghargai keanekaragaman  budaya,  pangan, agama dan kepercayaan, serta  pendapat atau temuan orsinil orang lain

 

 

  1.  Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan   Pancasila

 

 

  1.  Mengintenalisasi semanagat kemandirian, kejuangan dan kewirusahaan

Keterampilan Umum

(KU)

:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora  dan Islam sesuai dengan bidang keahliannya

 

  1. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

 

 

  1.  Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

 

 

  1. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah  plagiasi;

Pengatahuan (P)

:

  1. Memiliki kemampuan berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingin tahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
  2. Mahasiswa dapat memahami prinsip dan tujuan mempelajari ilmu gizi secara konseptual yang dapat dilihat dari pembahasan konsep umum tumbuh kembang anak, gizi seimbang untuk tumbuh kembang anak, penyakit-penyakit terkait gizi anak, program makanan tambahan di sekolah, gejala dan upaya pencegahan penyakit pada  anak, pengukuran dan perhitungan status gizi anak.

 

  1. Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keislaman sebagai paradigm keilmuan;

Keterampilan

Khusus

:

  1. Terampil melaksanakan perbaikan pembelajaran kesehatan dan gizi anak usia dini secara berkesinambungan melalui tindakan reflektif dan lesson sudies.

 

  1. Mahasiswa dapat mengimplementasikan teori, konsep, dan  prinsip kepemimpinan pendidikan dalam aktivitas pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan secara efektif, efisien dan islami.

 

  1. Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan yang terjadi terkait gizi yang dapat dilihat dari proses metabolisme zat gizi, keseimbangan konsumsi zat gizi sehari-hari (gizi makro dan mikro), masalah terkait gizi anak, gizi daur hidup anak , angka kecukupan gizi serta memahami tata cara melakukan penilaian status gizi baik langsung ataupun tidak langsung untuk anak usia dini.

Capaian Mata  Kuliah

:

  1. Mahasiswa memiliki sikap kritis, daya kreatif, apresiasi dan kepekaan terhadap komponen-komponen yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi anak usia dini sebagai bekal hidup serta bekal menjadi seorang pendidik anak usia dini
  2. Mahasiswa mampu mengkaji dan memahami pengertian dan pentingnya kesehatan dan gizi anak
  3. Mahasiswa mampu memahami tumbuh kembang dan gizi anak usia dini
  4. Mahasiswa mampu memahami dan melakukan pelayanan kesehatan dan gizi anak yang baik
  5. Mahasiswa memahami permasalahan kesehatan terkait gizi anak usia dini
  6. Mahasiswa mampu melakukan penilaian status gizi anak
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan daur hidup manusia dan kebutuhan gizi yang terkait dengan anak usia dini
  8. Mahasiswa dapat mengimplementasikan teori terkait kesehatan dan gizi anak usia dini dalam aktivitas pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan secara efektif, efisien dan islami

Ranah Transdisipliner

:

Ranah Transdisipliner :

Transdisipliner dalam konteks mata kuliah Kesehatan dan gizi anak usia dini adalah kajian lintas disiplin ilmu yang dapat mengantara mahasiswa mampu memahami ilmu gizi, kedokteran, kesehatan masyarakat, kebijakan nasional tentang hak kesehatan dan gizi bagi anak, dan ayat alquran sebagai pedoman hidup terkait halal-haram minuman dan makanan beserta  adabnya dan perintah pemberian ASI, sehingga setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa dapat menjadi guru yang kompeten di bidang perawatan kesehatan dan gizi anak usia dini.