Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahi rabbil alamin, wassolatu wassalamu ala asrafil anbiyai walmursalin waala alihi wasahbihi wasallam. Bapak dan ibu mahasiswa program pascasarjana yang saya muliakan, alhamdulillah kita bertemu pada sore hari ini untuk memulai satu kegiatan mulia yaitu perkuliahan dalam mata kuliah SPII yang terdiri dari 3 SKS. 

Mata kuliah ini akan memberikan informasi kepada kita tentang teori masuknya Islam ke Indonesia, perkembangan Islam masa iklah kalau mebigu, pendidikan Islam masa kesultanan Pasai,  pendidikan Islam masa kesultananAceh,  pendidikan Islam masa kesultanan Banten,  pendidikan Islam masa kesultanan Mataram,  pendidikan Islam masa kesultanan Gowa. mengenal Burhanuddin Ulakan Sumatera barat, Kebijakan pemerintah kolonial Belanda terhadap pendidikanislam, pendidikan islam pada masa pendudujkan Jepanng, mengenal Sekh Abdullah Ahmad sebagai tokoh pembaharuan pendidkan Islam, pendidikan islam sesudah merdeka dan memahami SKB tiga menteri sampai pendidikan islam di Perguruan Tinggi.

Baiklah kalau begitu mari kita memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam proses perkuliahan ini sampai kepada akhir semester nantinya. wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.