DESKRIPSI

mata kuliah balaghah (ilmu ma'ani) pada semester ini merupakan kelanjutan dari balaghah yang telah dipelajari pada semester sebelumnya (ilmu bayan).

DESKRIPSI MATA KULIAH 

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari maharatu al-istima’ 3 yang disajikan untuk pengayaan dan pendalaman dalam penguasaan empat keterampilan berbahasa Arab, dengan menanamkan kebiasaan kepada mahasiswa untuk terbiasa mendengarkan dan memahami ungkapan bahasa Arab yang lebih luas dan kompleks baik melalui dosen, native speaker maupun media online

KOMPETENSI

1. Pengetahuan (knowledge); 

  • Mengetahui metode dan strategi menyimak (istima’) dengan benar; 
  • Mengetahui tingkatan menyimak (istima’)
  • Mengetahui karakteristik ungkapan-ungkapan berbahasa Arab melalui istima
  • Mengetahui tangim dan nabr dalam ungkapan bahasa Arab; 
  • Mengetahui konteks ungkapan berbahasa Arab.
2. Nilai Sikap (value/attitude); 

  • Mendengarkan ungkapan pembicara dengan baik; 
  • Memahami urgensi keterampilan menyimak atau mendengar (maharah al-istima’) dalam bahasa Arab. 

3. Keterampilan (skills); 

  • Mampu menyimak dan memahami perbedaan kata صيام dan صوم ; 
  • Mampu menyimak dan memahami perbedaan kata نكاح dan زواج ; 
  • Mampu menyimak dan memahami perbedaan kata خوف  dan خشية ; 
  • Mampu menyimak dan memahami perbedaan kata أخلاق dan آداب ;
  • Mampu menyimak dan memahami perbedaan kata قلب dan فؤاد ;
  • Mampu menyimak dan memahami perbedaan kata إنفاق dan صدقة ;
  • Mampu menyimak dan memahami perbedaan kata حب dan عشق ;
  • Mampu membuat kesimpulan dari materi yang didengar atau disimak baik secara langsung maupun melalui media. 

Mata kuliah ini mengharapkan kemampuan mahasiswa agar mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dalam bidang profesi keguruan/pendidikan.

Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami, menguasai, dan terampil dalam mengimplementasikan teori, konsep, dan  prinsip serta regulasi profesi keguruan/pendidikan di dalam aktivitas pendidikan atau pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan atau pengelolaan tenaga pendidik secara efektif dan efisien.